Pantai Timang - Gondola Pantai Timang - Biaya Wisata di Pantai Timang

Pantai Timang - Gondola Pantai Timang - Biaya Wisata di Pantai Timang

Pantai Timang terletak di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Daya tarik wisata ini justru bukan terletak di pantai ataupun keindahan lautnya, tapi para pengunjung lebih tertarik akan wahana dan pulau kecil yang ada di sebrang pantai. Sebenarnya bukanlah gondola dan jembatan gantung yang di tekankan untuk menjadi daya tarik wisata di pantai ini.

Seperti kebanyakan kebanyakan pantai di daerah gunung kidul pada umumnya, pantai Timang terdiri dari hamparan pasir putih dan tumbuhan pandan di sekelilingnya. Pantai ini belum banyak dikembangkan sehingga pemandangan yang terlihat masih terkesan alami. 

Pantai Timang terdiri dari dua bagian pantai. Bagian pertama disebelah timur merupakan pantai berpasir putih yang sama dengan pantai-pantai kebanyakan. Bagian kedua di sebelah barat berbentuk batu-batuan terjal (bukit) yang langsung berbatasan dengan laut. Pada bagian inilah terdapat pemandangan pulau atau batu besar di seberang pantai. Pulau atau batu besar tersebut oleh masyarakat sekitar disebut sebagai Batu Panjang, Pulau Panjang dan Pulau Timang. 

Pulau Panjang dikenal sebagai tempat terbaik untuk berburu lobster oleh masyarakat sekitar. Pantai Timang dan pulau Panjang terhubung melalui kereta gantung yang digerakkan pada tali yang menghubungkan antara pantai dengan puncak pulau. Tali yang digunakan berdiameter 4 cm dan mempunyai panjang kurang lebih 200 meter. Masyarakat sekitar biasa menggunakan kereta gantung tersebut untuk pergi memancing ikan dan lobster di pulau Panjang.

Selain itu, jika anda mengunjungi pantai ini, anda juga bisa mengunjungi pantai-pantai lain yang berada di sekitarnya seperti Pantai Seruni, Pantai Siung, Pantai Nglambor dan Pantai Pok Tunggal. Tidak ada salahnya jika anda mengunjungi pantai ini bersama keluarga maupun teman-teman, karena pantai ini memiliki wahana yang benar-benar menantang adrenalin dan wahananya membuat ketagihan ingin menaikinya lagi.

Obyek Wisata di Pantai Timang

1. Gondola                                                                                                            

Daya tarik wisata di pantai ini adalah dengan keberadaan wahana Gondola yang dapat memacu adrenalin para pengunjung yang ingn mencoba menaikinya, bagaimana tidak, gondola tradisional yang terbuat dari kayu dan di gerakan dengan tenaga manusia.

Kemudian kita naiki untuk menyebrang laut yang di bawahnya ada ombak besar dan angin yang kencang membuat setiap pengunjung yang menaiki wahana ini berteriak. Entah bagaimana, malah pengunjung yang datang kesini dengan alasan merasa penasaran untuk menaiki gondola dan jembatan gantung, serta ingin merasakan sensasi berada di bukit karang dengan deburan ombak yang besar dan anginnya.

Namun kegunaan gondola bukan hanya untuk para pengunjung saja, warga sekitar / nelayan yang ingin mencari udang ke pulau itupun menggunakan jasa gondola ini. Karena angin serta ombak yang terlalu besar, tidak memungkinkan para nelayan / warga menyebranginya dengan perahu tradisional.

Gondola di sini bukanlah gondola modern, tetapi gondola tradisional yang dibuat dari kayu yang diikat dengan tali tambang. Alasan menggunakan tali tambang ini karena tali tambang di anggap lebih kuat jika terkena air laut dibandingkan dengan penggunaan sling yang terbuat dari besi atau baja.

Tiket naik gondola ini sebesar Rp. 200.000,- untuk bolak balik dari pantai ke bukit karang dan dari bukit karang ke pantai, awalnyauntuk menaiki gondola ini tidak dikenakan biaya, karena antusiasme pengunjung yang ingin mencobanya dan ingin berada di bukit karang, membuat warga menarifkan harga untuk perjalanan bolak balik.

2. Bukit Karang

Obyek wisata selanjutnya yaitu Bukit Karang. Ikon di Pantai ini adalah dengan keberadaan sebuah bukit karang yang besar di pulau kecil yang letaknya tidak jauh dari pantai, di pulau ini juga sudah tersedia beberapa spot untuk berfoto. Pulau ini juga digunakan oleh para nelayan untuk mencari udang lobster.

3. Jembatan Gantung

Selain bukit karanga, ada juga sebuah jembatan gantung. Saat ini sudah di bangun fasilitas jembatan gantung yang digunakan sebagai alternatif para pengunjung untuk menyebrangi laut menuju Bukit Karang. Tiket naik jembatan gantung sebesar Rp. 100.000,- untuk bolak balik dari pantai ke bukit karang dan dari bukit karang ke pantai lagi.

4. Makanan Olahan Laut

Di pantai ini juga menyediakan olahan lobster hasil tangkapan nelayan di Bukit Karang. Jika belum ada perubahan, harga per kilogramnya sekitar Rp.400.000,-. Liburan semakin lengkap dengan berwisata kuiner di pantai dengan pemandangan khas ini.

Karena fasilitas di pantai ini masih terbatas, disarankan agar anda mempersiapkan dan membawa perlengkapan keperluan anda. Karena masih sedikit yang berjualan makanan dan minuman, jangan lupa untuk membeli makanan sebelum sampai ke lokasi. Semoga liburan Anda menyenangkan.

Harga Tiket Masuk di Pantai Timang

Pantai ini merupakan tempat yang tepat bagi anda melakukan liburan seru bersama keluarga atau dengan teman-teman anda. Terlebih lagi anda bisa menikmatinya dengan harga tiket masuk yang terbilang murah atau dengan kata lain sangat terjangkau. Untuk Tiket masuk pantai hanya Rp 10.000,- per orang sudah termasuk kendaraan motor anda. Liburan pun tak harus mahal jika pergi ke pantai ini.

Rute Menuju Lokasi ke Pantai Timang

Jika anda belum pernah sama sekali berwisata ke Pantai –pantai yang ada di daerah Gunung Kidul, anda akan merasa kesulitan untuk mencari rute yang menuju Pantai Timang ini. Namun anda bisa menggunakan rute yang dijelaskan dengan lengkap di bawah ini sehingga perjalanan anda semakin mudah dan tidak tersesat.

Rute dari Kota Yogyakarta ke lokasi berjarak sekitar 50 kilometer dan bisa di tempuh melalui jalur yang ke arah Wonosari. Kemudian dari daerah Wonosari anda melalui jalur yang ke arah Pantai Baron. Sebelum sampai di Pantai Baron ada pertigaan ambil kiri yang ke arah Pantai Siung. Sampai di Pasar Dakbong belok ke Pantai Timang, anda bisa melihat petunjuk jalan yang menuju Pantai Timang.

Jalanan yang menuju lokasi masih bagus sampai masuk ke Desa sekitar Pantai Timang. Setelah beberapa ratus meter dari jalan desa, jalur yang akan anda tempuh penuh dengan bebatuan kapur mulai dari yang ukurannya kecil sampai ukuran besar. Oleh karena itu, anda disarankan untuk tetap berhati-hati. Setelah itu baru ada jalur yang sudah di cor.

Pemandangan di sekitar perjalanan penuh dengan nuansa hijau, yang dapat membuat anda lupa bahwa sedang melewati jalan bebatuan. Tetap waspada terhadap jalan berbatu agar selamat samapi di tujuan anda yaitu pantai Timang. Setelah sampai di permukiman penduduk, anda akan segera bertemu pangkalan ojek yang menawarkan jasanya dari pintu masuk sampai ke parkiran Pantai Timang.